Minggu, 15 Januari 2017

10 Gedung Tertinggi di Kota Semarang

Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah (Jateng). Semarang juga berstatus sebagai kota terbesar di Jawa Tengah. Dilihat dari segi jumlah penduduk, kota Semarang sudah masuk dalam kategori kota metropolitan. Jumlah penduduk kota Semarang berdasarkan data tahun 2010 telah mencapai 1,556 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk sebesar itu, berbagai pemandangan khas kota metropolitan dapat kita jumpai di kota Semarang. Salah satunya adalah pemandangan gedung-gedung tinggi yang dapat dijumpai di seantero kota Semarang.

Bicara tentang gedung tinggi, Semarang merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan gedung tinggi paling pesat di Indonesia. Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang 10 gedung tertinggi di kota Semarang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar 10 gedung tertinggi di Kota Semarang yang dirangkum dari situs skyscrapercity.

1. Star Apartment & Condotel

Foto : Urbanindo.com

Star Apartment & Condotel adalah gedung tertinggi di kota Semarang untuk saat ini. Sesuai dengan namanya, Star Apartment & Condotel merupakan gedung yang difungsikan sebagai apartemen dan condotel (condominium hotel). Gedung ini terdiri dari 31 lantai. Star Apartment & Condotel juga memegang status sebagai gedung tertinggi di provinsi Jawa Tengah.

2. Warhol Residences

Foto : Valuebuddies.com

Sama halnya seperti Star apartment & Condotel, Warhol Residences juga merupakan gedung yang difungsikan sebagai apartemen dan condotel. Gedung tertinggi kedua di kota Semarang ini memiliki lantai berjumlah 23.

3. The Pinnacle

Foto : Skyscrapercity.com

Posisi ketiga gedung tertinggi di kota Semarang dipegang oleh The Pinnacle. Gedung ini terdiri dari 22 lantai. Sama halnya seperti Warhol Residences dan Star Apartment & Condotel, The Pinnacle juga difungsikan sebagai apartemen dan condotel.

4. Mutiara Garden

Foto : Panoramio.com

Mutiara Garden memegang status sebagai gedung tertinggi keempat di kota Semarang. Gedung ini difungsikan sebagai apartemen. Gedung Mutiara Garden terdiri atas 20 lantai.

5. Menara Suara Merdeka

Foto : Waskita.co.id

Berbeda dengan gedung-gedung yang dibahas sebelumnya, Menara Suara Merdeka merupakan gedung yang difungsikan sebagai kantor. Menara Suara Merdeka memegang status sebagai gedung perkantoran tertinggi di kota Semarang. Gedung tertinggi kelima di kota Semarang ini terdiri dari 16 lantai.

6. Gumaya Tower

Foto : Hotel-r.net

Gumaya Tower memegang status sebagai gedung tertinggi keenam di kota Semarang. Gedung ini difungsikan sebagai hotel. Gumaya Tower terdiri dari 15 lantai.

7. Semarang Town Square

Foto : Seputarsemarang.com

Sama seperti Gumaya Tower, Semarang Town Square merupakan sebuah gedung yang difungsikan sebagai hotel. Selain berfungsi sebagai hotel, lantai bawah Semarang Town Square ini difungsikan sebagai mall. Gedung tertinggi ketujuh di kota Semarang ini terdiri 15 lantai.

8. Horizon Hotel

Foto : Skyscrapercity.com

Horizon Hotel merupakan sebuah gedung yang terdiri dari 14 lantai. Sesuai dengan namanya, gedung tertinggi kedelapan di kota Semarang ini difungsikan sebagai hotel.

9. Holiday Inn Express

Foto : Skyscrapercity.com

Sama halnya seperti Horizon Hotel, Holiday Inn Express juga merupakan sebuah gedung yang difungsikan sebagai hotel. Gedung ini terdiri 14 lantai.

10. Paragon City Mall & Crowne Plaza Hotel

Foto : Pegipegi.com

Paragon City Mall & Crowne Plaza Hotel merupakan sebuah gedung yang berfungsi sebagai mall dan hotel. Gedung ini terdiri dari 13 lantai.

Selain Paragon City Mall & Crowne Plaza Hotel, Semarang juga memiliki dua gedung lainnya yang memiliki 13 lantai. Gedung-gedung tersebut adalah Unisbank dan Telogorejo Medical Center. Unisbank merupakan sebuah gedung yang difungsikan sebagai kampus sedangkan Telogorejo Medical Center adalah sebuah gedung yang berfungsi sebagai rumah sakit.

1 komentar: