Minggu, 11 Juni 2017

15 Kota dengan Skyline Terbaik di Asia Tenggara

Asia Tenggara (Southeast Asia) merupakan salah satu regional yang paling berkembang pesat di Asia. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan perekonomian yang pesat pada sejumlah negara di sana. Terutama negara-negara yang masuk dalam daftar 6 besar penggerak utama perekonomian Asia Tenggara. Negara-negara tersebut antara lain Indonesia, Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Perkembangan pesat tersebut tercermin dari kehadiran gedung-gedung pencakar langit yang semakin menjamur, khususnya pada kota-kota di 6 negara yang disebutkan diatas. Pesatnya pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit membuat skyline kota di negara-negara tersebut semakin padat. Bagi yang belum tahu, skyline merupakan garis cakrawala yang terbentuk oleh daratan atau  kumpulan gedung. Dalam kamus Oxford, skyline didefinisikan sebagai an outline of land or buildings defined against the sky.

Bicara tentang skyline, mungkin kita perlu tahu seperti apa kondisi skyline dari kota-kota di Asia Tenggara untuk saat ini. Untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas tentang 15 kota dengan skyline terbaik di Asia Tenggara versi Kota Kita. Untuk lebih jelas, berikut adalah daftarnya.

1. Singapura

skyline kota singapura terbaik di Asia Tenggara
ilustrasi skyline kota Singapura (channelnewsasia.com)

Posisi pertama diduduki oleh Singapura. Boleh dibilang Singapura merupakan salah satu kota dengan skyline terbaik di Asia. Hal tersebut dapat dilihat dari padatnya gedung-gedung pencakar langit di di sana. Keterbatasan lahan membuat pembangunan gedung-gedung vertikal menjadi sesuatu yang mutlak di Singapura. Selain memiliki banyak gedung tinggi, Singapura juga meerupakan sebuah kota yang modern. Kota ini merupakan kota terkaya di Asia Tenggara bila dilihat berdasarkan pendapatan per kapita.

2. Bangkok

skyline kota bangkok
ilustrasi skyline kota Bangkok (mibreit-photo.com)

Bangkok adalah kota terbesar di Thailand. Kota ini merupakan kota dengan skyline terbaik kedua di Asia Tenggara. Sama halnya seperti Singapura, Bangkok juga memiliki gedung-gedung pencakar langit yang padat. Apalagi gedung-gedung di Kota Bangkok ketinggiannya tampak begitu variatif sehingga menambah kesan cantik  skyline-nya.

3. Kuala Lumpur

skyline kota kuala lumpur
ilustrasi skyline kota Kuala Lumpur (travel2next.com)

Kuala Lumpur merupakan kota dengan skyline terbaik ketiga di Asia Tenggara. Salah satu yang membuat skyline Kuala Lumpur tampak menarik adalah karena keberadaan Menara Kembar Petronas yang terkenal. Menara ini merupakan menara kembar tertinggi di dunia. Gedung-gedung pencakar langit di kota Kuala Lumpur juga cukup padat, meski tidak sepadat Singapura dan Bangkok. Kota ini merupakan kota terdepan di Asia Tenggara dalam kepemilikin gedung-gedung pencakar langit dengan ketinggian diatas 300 m.

4. Manila


ilustrasi skyline kota Manila (nairaland.com)

Kota dengan skyline terbaik keempat di Asia Tenggara dipegang oleh Kota Manila. Manila merupakan kota terbesar di Filipina. Skyline di kota ini cukup padat.. Hanya saja karena penataan kotanya yang tidak terlalu baik, membuat skyline Manila tidak sebagus Singapura, Bangkok dan KL. Tidak jauh berbedalah dengan kondisi Kota Jakarta.

5. Jakarta


ilustrasi skyline kota Jakarta (detik.com)

Jakarta berada diposisi kelima untuk skyline terbaik di Asia Tenggara. Gedung-gedung di kota terbesar di Indonesia ini bukannya kalah banyak bila dibandingkan kota-kota yang kita bahas sebelumnya. Jakarta hanya kalah dalam hal kerapatan gedung karena pembangunan gedung-gedung tinggi di Kota Jakarta yang cenderung menyebar. Kalau dilihat berdasarkan pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit dengan ketinggian diatas 200 m, Jakarta justru berada pada posisi teratas.

6. Hanoi


ilustrasi skyline kota Hanoi (ietyatourist.com)

Boleh dibilang Hanoi tertinggal selangkah bila dibandingkan dengan empat kota sebelumnya. Kondisi gedung-gedung di Kota Hanoi masih kalah banyak dan kalah rapat. Namun ibukota Vietnam ini mengalami pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit yang pesat dalam beberapa tahun ini. Bahkan kota ini telah memiliki gedung dengan ketinggian diatas 300 m. Jakarta saja untuk saat ini belum memiliki gedung dengan ketinggian diatas 300 m. 

7. Saigon

skyline kota saigon
ilustrasi skyline kota Saigon (vecteezy.com)

Saigon merupakan kota terbesar di Vietnam. Vietnam memang belum memiliki kota dengan skyline sebagus Singapura, Bangkok, KL dan Jakarta. Namun negara ini beruntung karena memiliki dua kota dengan skyline yang tidak jauh berbeda. Antara Saigon dan Hanoi perbedaan skyline-nya memang tidak terlalu mencolok. Masih bisa diperdebatkan mana kota dengan skyline terbaik diantara kedua kota ini. 

8. Penang

skyline kota Penang
ilustrasi skyline kota Penang (malaymail.com)

Penang merupakan salah satu kota utama tujuan wisatawan di Malaysia. Statusnya sebagai kota wisata membuat kebutuhan akan hunian menjadi meningkat di kota ini, khususnya bagi wisatawan. Inilah sebabnya Penang memiliki skyline yang cukup padat walaupun populasinya tidak terlalu besar. Hanya saja karena mayoritas gedung-gedung di Penang diperuntukan untuk hunian, menyebabkan desain gedung-gedung di sana tampak tak menarik. 

9. Johor Bahru

skyline kota johor bahru
ilustrasi skyline kota Johor Bahru (nst.com.my)

Johor Bahru merupakan kota penghubung antara Malaysia dengan Singapura. Boleh dibilang Johor Bahru merupakan kota satelit bagi Singapura. Posisinya yang strategis membuat kota ini menjadi salah satu tujuan menarik untuk investasi. Salah satunya adalah investasi disektor properti. Apalagi Johor Bahru tidak membatasi kepemilikan properti oleh asing. Hal inilah yang membuat kota ini mengalami pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit yang cukup pesat. 

10. Pattaya

skyline kota pattaya
ilustrasi skyline kota Pattaya (.vecteezy.com)

Sama halnya seperti Penang, pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit di Kota Pattaya ditopang oleh sektor pariwisata. Tanpa sektor pariwisata, sudah pasti Pattaya tidak akan memiliki pencakar langit sebanyak saat ini. Pasalnya penduduk kota ini hanya 100 ribuan orang.


11. Surabaya

skyline kota Surabaya
ilustrasi skyline kota Surabaya (jawapos.com)

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Kota ini menjadi penghubung antara Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur. Pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit di Kota Surabaya tergolong pesat. Namun sama seperti Jakarta, keberadaan gedung-gedung pencakar langit di Kota Surabaya cenderung menyebar. 

12. Cebu

skyline kota cebu
ilustrasi skyline kota Cebu (philstar.com)

Dari segi populasi, Cebu merupakan kota terbesar ketiga di Filipina. Namun untuk urusan skyline, Cebu berada diposisi kedua setelah Kota Manila. Kota Cebu mengalami pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit yang cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan. Imbasnya skyline kota ini tampak semakin padat. 

13. Da Nang


ilustrasi skyline kota Da Nang (liveandinvestoverseas.com)

Da Nang adalah kota dengan skyline terbaik ketiga di Vietnam. Padahal Da Nang sebenarnya merupakan kota terbesar keenam di Vietnam. Kota ini memiliki gedung-gedung pencakar langit yang relatif tinggi, walaupun sebenarnya jumlahnya tidak terlalu banyak. 

14. Tangerang


ilustrasi skyline kota Tangerang (https://www.instagram.com/yb2eya)

Tangerang adalah kota terbesar di Provinsi Banten. Sama seperti Da Nang, Tangerang juga memiliki gedung-gedung yang relatif tinggi walau jumlahnya tidak terlalu banyak. Dengan demikian skyline Kota Tangerang tampak cukup baik. 


15. Malaka

skyline kota malaka
ilustrasi skyline kota Malaka (akarpadinews.com)

Beberapa tahun lalu skyline Malaka tidak ada apa-apanya. Namun kota ini terus mengalami pertumbuhan pencakar langit yang pesat. Sekarang telah menjadi kota dengan skyline terbaik keempat di Malaysia. 

11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. wow keren min saya paling suka pemandangan skyline

    BalasHapus
  4. Artikel ini SALAH :FAKTA 10 KOTA DI DUNIA PEMILIK GEDUNG PENCAKAR LANGIT TERBANYAK : JAKARTA PERINGKAT 1 DI ASEAN PEMILIK GEDUNG PENCAKAR LANGIT TERBANYAK JGN TERTIPU OLEH GEDUNG YG MENUMPUK KELIHATAN BYK TP KLO DIHITUNG KALAH JAUH DR GEDUNG DI JAKARTA

    Ini rekor JAKARTA :
    Dari 10 kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia, hampir semuanya berasal dari Asia. Hanya satu kota yang berasal dari luar Asia, yaitu kota New York yang berada diposisi keempat. Urutan pertama dipegang oleh Hong Kong. Sementara urutan kedua dipegang oleh kota pemilik gedung tertinggi di dunia saat ini, yaitu Dubai. Selanjutnya disusul oleh Shenzen, New York, Shanghai, Guangzhou, Chongqing, Tianjin, Jakarta dan Wuhan
    INDONESIA SATU2NYA KOTA DI ASEAN YG MASUK 10 KOTA DI DUNIA PEMILIK GEDUNG PENCAKAR LANGIT TERBANYAK

    Berdasarkan studi dari Emporis KOTA TERBANYAK GEDUNG PENCAKAR LANGITNYA ADALAH : JAKARTA dengan luas 661 kilometer, Jakarta kini memiliki 158 gedung pencakar langit yang telah berdiri, berada pd peringkat 19 dunia mengalahkan beijing yg berada pada posisi 21. Sedangkan statistik CTBUH : pemilik gedung pencakar langit terbanyak ketinggian 150m ke atas adalah :
    1. Indonesia punya 65 pencakar langit dengan ketinggian 150 meter ke atas. Sebelas di antaranya masih dalam tahap pembangunan, dengan dua gedung sudah tutup atap.  Termasuk di antara sebelas gedung itu adalahsupertall  Cemindo Tower yang mendongak 304 lantai. 

    2. Sedangkan Malaysia mengoleksi 62 gedung dengan ketinggian 150 meter ke atas. Tiga belas gedung di antaranya dalam tahap konstruksi dengan satu gedung mencapai tahap tutup atap yakni Ilham Baru Tower setinggi 298 meter.

    3. Thailand cukup puas dengan memiliki 60 gedung di atas 150 meter, dengan satu gedung dalam tahap pembangunan yakni M Silom setinggi 198 meter.
    4. Singapura Di kotanya, terdapat 59 pencakar langit setinggi lebih dari 140 metres (459 ft).


    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih informasinya. Tapi klu bicara skyline, tentu lebih indah skyline 5 gedung yang mengumpul daripada skyline 10 gedung yang mencar-mencar.

      Hapus
  5. Blog yang bagus.... semoga terus berkembang... Saya ingin berbagi article tentang Huangdao Pencahayaan Gedung-Gedung di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/07/huangdao-pencahayaan-gedung-gedung.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/GcfqJ6JUrNY

    BalasHapus
  6. Ini blog buatan malaysia, sebenarnya gedung di jakarta jauh lebih banyak masyk aja situs ctbuh resmi www . skyscrapercenter . com

    BalasHapus
  7. Heemmm.. saran sih Surabaya diganti deh urutannya.. cari skyline Surabaya yang terbagus nanti muncul.. dan Surabaya sudah memenangkan Ghoung Zhou awards 2018 se Asia loh.. hayu.. diganti hayuu.. malu-maluin ah.. surabaya niehhh

    BalasHapus
  8. Numpang ya min ^^

    Kamu lagi cari bonus? Acerdomino kebetulan lagi bagi bagi bonus nihhh :)
    hanya dengan deposit Rp 12.000 aja loh dan masih banyak lagi bonus yang bisa kamu dapetin setiap harinya hanya di acerdomino . online
    LINK >>> acerdomino . online

    BalasHapus