Monday, January 30, 2017

5 Kota Termaju di Pulau Kalimantan


Pulau Kalimantan terkenal sebagai pulau yang kaya dengan sumber daya alam. Dengan kekayaan alam tersebut, tidak mengherankan banyak daerah di pulau Kalimantan yang memiliki tingkat kemakmuran diatas rata-rata nasional. Selain itu, kekayaan alam tersebut juga membantu sejumlah daerah di Kalimantan untuk terus membangun dan mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang 5 daerah paling maju di pulau Kalimantan, khususnya daerah perkotaan. Walau Kalimantan terkenal sebagai pulau yang kaya, tidak semua kota di Kalimantan menggantungkan perekonomiannya pada sektor sumber daya alam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar 5 kota paling maju di pulau Kalimantan.

1. Balikpapan

Foto : Skyscrapercity.com

Dilihat dari segi jumlah penduduk, Balikpapan merupakan kota terbesar kedua di pulau Kalimantan setelah kota Samarinda. Populasi kota Balikpapan berdasarkan data kependudukan tahun 2015 adalah 736.807 jiwa. Setiap tahunnya, ramai warga pendatang yang mengadu nasib di kota Balikpapan. Hal ini disebabkan karena Balikpapan merupakan salah satu kota terkaya di Kalimantan, bahkan di Indonesia. Berdasarkan data BPS tahun 2014, pendapatan per kapita kota Balikpapan mencapai 118,354 juta rupiah. Jauh diatas pendapatan per kapita nasional yang sekitar 42 juta rupiah. Besarnya pendapatan per kapita kota Balikpapan terutama ditopang oleh sumber daya alam, khususnya minyak bumi. Itulah sebabnya Balikpapan dikenal juga sebagai kota minyak.

Boleh dibilang Balikpapan merupakan pintu gerbang utama pulau Kalimantan. Dengan kekayaan alam yang dimiliki, Balikpapan memiliki anggaran pembangunan yang relatif besar dibandingkan kota-kota lainnya di Kalimantan. Dilihat dari segi infrastruktur, tidak ada kota lain di pulau Kalimantan yang memiliki infrastruktur lebih baik dibandingkan kota Balikpapan. Balikpapan memiliki bandara internasional yang bernama Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Bandara tersebut merupakan salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Balikpapan juga memiliki sejumlah pelabuhan besar, seperti Pelabuan Semayang dan Pelabuhan Kariangau

2. Samarinda

Foto : Skyscrapercity.com

Sama seperti Balikpapan, Samarinda berada di provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Samarinda merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur. Jumlah penduduk kota Samarinda mencapai 805.688 jiwa berdasarkan data kependuduan tahun 2013. Sementara luas kota Samarinda adalah 718 kilometer persegi. Meski Samarinda berstatus sebagai ibukota provinsi, namun berbagai infrastruktur besar di provinsi Kalimantan Timur justru lebih banyak dibangun di kota Balikpapan. Walau demikian,  Samarinda saat ini tetap merupakan salah satu kota termaju di pulau Kalimantan. Berbagai fasilitas  di kota Samarinda sudah cukup memadai. Misalnya fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Samarinda saat ini sedang membangun bandara baru yang diberi nama Bandara Samarinda Baru. Bandara ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2017. Tahun 2018, Bandara Samarinda Baru ditargetkan menjadi bandara internasional. Bila Bandara Samarinda Baru telah memenuhi syarat untuk menjadi bandara internasional, maka dengan demikian akan ada dua bandara internasional di provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut semakin mengukuhkan Kalimantan Timur sebagai provinsi termaju di pulau Kalimantan.

3. Banjarmasin

Foto : Wikimedia.org

Kota Banjarmasin berada di provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin adalah satu-satunya kota di pulau Kalimantan yang memiliki konsep area metropolitan. Area metropolitan kota Banjarmasin bernama Banjar Bakula, yang meliputi kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, sebagian kecamatan di Kabupaten Banjar, sebagian kecamatan di Kabupaten Barito Kuala dan sebagian kecamatan di kabupaten Tanah Laut. Berdasarkan data kependudukan tahun 2014, populasi kota Banjarmasin adalah 666.223 jiwa. Saat ini kawasan Banjar Bakula sedang diperjuangkan statusnya untuk masuk dalam daftar kawasan strategis nasional.

Pemerintah kota Banjarmasin tengah menyiapkan kota Banjarmasin sebagai gerbang utama perekonomian Kalimantan. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan sungai-sungai yang ada di kota Banjarmasin sebagai sarana untuk mobilitas barang dan manusia. Seperti yang kita ketahui, Banjarmasin merupakan kota yang memiliki banyak sungai sehingga dijuluki sebagai kota seribu sungai. Untuk urusan infrastruktur, kota Banjarmasin tidak kalah bila dibandingkan dengan kota Samarinda.

4. Pontianak

Foto : Skyscrapercity.com

Pontianak merupakan kota terbesar di provinsi Kalimantan Barat. Kota ini memiliki populasi sekitar 598.097 jiwa. Sebagian besar perekonomian kota Pontianak ditopang oleh sektor Industri, Pertanian dan Perdagangan.

Kota Pontianak  sudah memiliki infrastruktur yang cukup memadai. Untuk terus menggenjot tingkat perekonomian, kota Pontianak mencoba mencari peluang disektor pariwisata. Salah satunya dengan membangun infrastukrur ruang publik di tepian sungai yang disebut Waterfront City Pontianak. Dengan konsep tersebut, diharapkan minat wisatawan untuk berkunjung ke kota Pontianak semakin besar dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian kota Pontianak.

5. Palangkaraya

Foto : Dronestagr.am

Setiap kali ada wacana pemindahan pemerintahan Indonesia, Palangkaraya pasti akan menjadi salah satu yang paling utama disebut. Ibukota Kalimantan Tengah ini pernah direncanakan sebagai ibukota baru Indonesia pada masa pemerintahan Soekarno. Infrastrukturnya pun sudah disiapkan. Salah satunya adalah membangun jalanan yang mulus dan lebar yang  dikenal dengan sebutan jalan Rusia. Selain itu penataan kota Palangkaraya juga dipersiapkan secara matang. Zonasi bangunan dipisahkan antara kawasan komersil, pemerintahan dan pemukiman. Sayangnya rencana tersebut gagal, dan Palangkaraya tidak ubahnya seperti kota-kota ukuran sedang lainnya di Indonesia.

26 comments:

  1. Mana Kuching? Sibu? Bintulu? Miri? Bandar sri begawan? Mana Kota kinabalu? Sandakan? Tawau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog ini tidak bahas kota2 di Sarawak, Brunei, dan Sabah. Blog ini bahas kota2 di Kalimantan(Indonesia).

      Delete
  2. Mulai 2016 pontianak paling maju dari kota lainnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju, apalagi pembangunan ekonominya sekarang ditunjang dengan kuat oleh sektor pariwisata, terutama kunjungan wisatawan manca negara dari Malaysia, Singapura, dll. Apalagi Pontinak berhubungan langsung lewat jalur darat ke Serawak, Malaysia timur.

      Delete
    2. Belum liat Balikpapan lagi sepertinya

      Delete
  3. Mulai 2016 pontianak paling maju dari kota lainnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga gan. Yang jelas maju atau tidaknya suatu kota bukan hanya dilihat dari keberadaan gedung-gedung tinggi.

      Delete
  4. Pertumbuha penduduk yang drastis yang membuat cepat berkembang, migrasi orang2 daerah ke kota yang buat semakin cepat pertumbuhannya, data BPS banjarmasin yg jumlah penduduknya stagnan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi semenjak pemerintah semakin gencar membangun infrastruktur di Kalimantan. Semakin banyak penduduk luar Kalimantan yang mencari nafkah di Kalimantan.

      Delete
    2. Masih sis bro Robby Nakano pertumbuhan penduduk di Kota Banjarmasin stagnan Aku perhatian setiap hari Rumah Sakit dan Klinik Bersalin ada aja tuch yang melahirkan...šŸ¤”

      Delete
  5. Tanjung Selor belum kota termaju di Kalimantan

    ReplyDelete
  6. Wih samarinda mantap lah gw tinggal di sana

    ReplyDelete
  7. Kota Pontianak memang sejak 2016 merupakan kota termaju di Kalimantan, karena ditunjang sektor pariwisata, terutama dari manca negara seperti Malaysia, Singapura, dll. Pontianak punya jalur darat ke Malaysia timur, dan bandara internsional Supadio membuka akses langsung ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

    ReplyDelete
  8. Banjarmasin adalah satu satunya kota metropolitan atau sebagai kawasan strategis nasional di Kalimantan Indonesia ( peraturan pemerintah Indonesia no.13 th. 2017).jadi sdh pasti banjarmasin adalah kota terbesar dan termaju d Kalimantan Indonesia

    ReplyDelete
  9. Lho kok menurut saya berdasarkan fakta dan data yg valid dr pemerintah pusat Indonesia.kalo anda berdasarkan data yg valid nya mana?? Pake logika sj bro kalo Banjarmasin bkn bkn sebagai kota termaju gak mungkinlah Banjarmasin di pilih pemerintah pusat Indonesia sebagai kota metropolitan dan sebagai kawasan strategis nasional?.. nah skrng bagaimana argumen mas brošŸ¤£

    ReplyDelete
  10. Ini memang pendapat saya tp pendapat saya ada dr berdasarkan sumber referensi dr pemerintah pusat Indonesia bkn asal asalanšŸ¤£ .hahaha

    ReplyDelete
  11. Inilah akibatnya kalo masing-masing orang punya pendapat pribadi jadinya beda2. Makanya yg di ambil itu dr sumber data resmi yg valid dr pemerintah pusat Indonesia tentang daftar resmi kota2 metropolitan atau kota2 sebagai kawasan strategis nasional. Karna kota2 itulah yg pasti sebagai kota terbesar dan termaju di Indonesia bukan nya bdasarkan pendapat pribadi yg byk ngawur.. pemerintah pusat itu dlm memilih suatu kota metropolitan pastilah dr berbagai aspek dg penuh pertimbangan dg sgt cermat bkn asal asalan..betul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya riki amara, kamu yg paling cantik, kamu yang paling lucu, hahaha taik kucinh

      Delete
  12. Saya tinggal di Pontianak, menurut saya kota Pontianak yg paling tertinggal dari kota2 lain yg ad di Kalimantan

    ReplyDelete
  13. Numpang ya min ^^

    Kamu lagi cari bonus? Acerdomino kebetulan lagi bagi bagi bonus nihhh :)
    hanya dengan deposit Rp 12.000 aja loh dan masih banyak lagi bonus yang bisa kamu dapetin setiap harinya hanya di acerdomino . online
    LINK ALTERNATIF >>> acerdomino . online

    ReplyDelete
  14. Banjarmasin tetap yang terpadat walau jumlah penduduknya kurang dari 700 rb jiwa... Namun orang yang.beraktifitas hari harinya disana.lebih dari.satu jiwa... Kerna bjm pusat ekonomi di kal sel dan sebagian kalteng.. Di tambah banyaknya universitas dan perguruan tinggi di sana...
    Dan hanya di banjarmasin yang tidak ada hutan nya...semua menjelma menjadi pemungkiman...
    Sehingga penyebaran penduduk melebar kedaerah kabupaten penyangga.. Kab tanah laut,kab banjar,kota banjar baru,kab batola...
    Sehingga terjadi kemacetan lalu litas di hampir seluruh jalan besar dan kecil di banjarmasin setiap harinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bjm memang lebih padat karena kotanya kecil bro....

      Delete
  15. Mau kota apapun yg termaju yg penting kalimantan tetap berjaya

    ReplyDelete