Selasa, 10 Januari 2017

20 Kota dengan Skyline Terbaik di Indonesia

Biasanya sebuah kota metropolitan identik dengan gedung-gedung tinggi. Besarnya jumlah penduduk dan semakin terbatasnya ketersediaan lahan, membuat pembangunan gedung-gedung tinggi menjadi solusi. Kumpulan gedung-gedung tinggi tersebut membentuk semacam garis horizontal yang biasa disebut dengan skyline. Jadi secara garis besar, skyline bisa didefinisikan sebagai kaki langit atau garis horizontal yang terbentuk dari kumpulan gedung-gedung tinggi. Namun  istilah skyline tidak hanya dipakai pada kumpulan gedung-gedung tinggi. Garis horizontal yang terbentuk dari gugusan pegunungan misalnya, juga bisa disebut skyline.


Pada tulisan kali ini akan membahas tentang skyline kota-kota di Indonesia. Lebih tepatnya membahas tentang 20 kota dengan skyline terbaik di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftarnya.

1. Jakarta

jakarta kota dengan skyline terbaik di indonesia
Foto : Jakarta-tourism.go.id

Jakarta menjadi kota dengan skyline terbaik di Indonesia. Bahkan Jakarta merupakan salah satu kota dengan skyline terbaik di Asia Tenggara. Hal ini tidak mengherankan karena jumlah gedung tinggi (highrise) di kota Jakarta lebih dari 500 gedung.

2. Surabaya

Surabaya kota dengan skyline terbaik kedua di Indonesia
Foto : Jawapos.com

Jumlah gedung tinggi di kota Surabaya telah mencapai angka diatas 100 gedung. Di Indonesia hanya Jakarta dan Surabaya yang memiliki jumlah gedung tinggi diatas 100. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau Surabaya menjadi kota dengan skyline terbaik kedua di Indonesia setelah Jakarta.

3. Tangerang

skyline kota Tangerang
Foto : Kompas.com

Posisi ketiga kota dengan skyline terbaik di Indonesia dipegang oleh kota Tangerang. Kota terbesar di provinsi Banten ini memang tidak terlalu banyak memiliki gedung tinggi. Hanya saja gedung-gedung tinggi di kota Tangerang relatif jangkung, tampak setara dengan kota Surabaya.

4. Medan


Foto : Skyscrapercity.com

Kota Medan mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun belakangan ini, baik dalam hal pembangunan infrastruktur maupun gedung-gedung tinggi. Dengan pembangunan gedung tinggi yang terpusat, membuat kota Medan menjadi kota dengan skyline terbaik keempat di Indonesia.

5. Bandung


Foto : Skyscrapercity.com

Dari jumlah gedung tinggi, Bandung lebih unggul dibandingkan Medan dan Tangerang. Hanya saja gedung-gedung di kota Bandung pembangunannya menyebar, sehingga skyline kota Bandung masih kalah dibandingkan Medan. Dengan pertumbuhuan gedung tinggi yang lebih pesat dibandingkan kota Medan, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan skyline kota Bandung bisa mengungguli Medan.

6. Makassar


Makassar kota dengan skyline terbaik di Indonesia bagian timur
Foto : Salsawisata.com

Makassar merupakan satu-satunya kota metropolitan di kawasan Indonesia timur. Sebagai salah satu kota di Indonesia timur, pertumbuhan gedung-gedung tinggi di kota Makassar cukup membuat kagum. Bahkan dari segi skyline, ibukota Sulawesi Selatan ini mampu mengungguli sejumlah kota dengan penduduk yang lebih besar.

7. Semarang


Foto : Skyscrapercity.com

Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki gedung tinggi yang cukup banyak dengan pembangunan yang cukup terpusat. Hanya saja kota Semarang memiliki aturan KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) yang ketat. Ini disebabkan karena kota Semarang memiliki bandara ditengah kota, sehingga ketinggian gedung-gedung dibatasi dengan ketat. Hal yang serupa juga terjadi pada kota Bandung.

8. Batam


Foto : Skyscrapercity.com

Batam terkenal sebagai kota industri dan kota pariwisata. Dengan statusnya tersebut, tidak mengherankan kalau Batam mengalami pertumbuhan gedung tinggi yang cukup pesat.

9. Balikpapan


Balikpapan kota dengan skyline terbaik di pulau Kalimantan
Foto : Prokal.co

Bisa dibilang kota Balikpapan merupakan kota termaju di pulau Kalimantan, termasuk dalam hal pembangunan gedung-gedung tinggi. Kota Balikpapan dikenal juga sebagai sebutan kota minyak karena Balikpapan merupakan salah satu penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.

10. Bekasi

skyline kota bekasi
Foto : Radarbekasi.id

Kota Bekasi merupakan salah satu penyangga kota Jakarta. Diantara kota-kota yang menjadi penyangga kota Jakarta, Bekasi menjadi salah satu kota yang paling pesat dalam membangun gedung tinggi. Skyline kota Bekasi hanya kalah dari kota Tangerang.

11. Cikarang


Foto : Skyscrapercity.com

Cikarang adalah ibukota dari kabupaten Bekasi. Meski berstatus ibukota kabupaten, Cikarang berbeda dari sejumlah ibukota kabupaten lainnya di Indonesia. Kota Cikarang terdiri dari beberapa kecamatan layaknya sebuah kota otonom. Bisa jadi kota Cikarang bakal dimekarkan menjadi kota otonom kedepannya. Untuk urusan pembangunan gedung tinggi, Cikarang masih kalah pesat dibandingkan kota Bekasi. Hanya saja pembangunan gedung tinggi di kota Cikarang cukup terpusat, sehingga skyline kota Cikarang tidak kalah bila dibandingkan dengan Bekasi.

12. Depok


Foto : Indopos.co.id

Depok juga merupakan salah satu penyangga kota Jakarta. Skyline kota Depok masih kalah dibandingkan Tangerang dan Bekasi, walaupun kota Depok mengalami pertumbuhan pembangunan gedung tinggi yang cukup pesat. Ini karena pembangunan gedung tinggi di kota Depok tidak terlalu terpusat.


13. Solo


Foto : Asedino.wordpress.com

Solo merupakan kota terbesar kedua di provinsi Jawa Tengah. Populasi kota Solo masih jauh dibawah 1 juta jiwa. Untuk ukuran kota dengan populasi yang relatif kecil, skyline kota Solo boleh dikatakan lumayan bagus yang memiliki beberapa gedung dengan ketinggian 20an lantai.

14. Pekanbaru


pekanbaru kota terbesar di provinsi Riau
Foto : Jawapos.com

Saat ini Pekanbaru telah menjelma menjadi salah satu kota metropolitan di Sumatera. Skyline kota Pekanbaru juga mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan ini dengan hadirnya beberapa gedung tinggi di pusat kota Pekanbaru.

15. Samarinda


Foto : Skyscrapercity.com

Samarinda merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur. Samarinda adalah kota dengan skyline terbaik di pulau Kalimantan setelah kota Balikpapan.

16. Malang


skyline kota malang
Foto : Blok-a.com

Malang merupakan kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur setelah kota Surabaya. Skyline kota Malang sudah cukup terbentuk, walaupun untuk ukuran kota dengan populasi diatas 1 juta jiwa, skyline kota Malang masih belum terlalu mumpuni.

17. Manado


Foto : Skyscrapercity.com

Boleh dibilang Manado merupakan salah satu waterfront city terindah di Indonesia. Apalagi saat ini sudah terdapat beberapa gedung tinggi yang berdiri dibibir pantai kota Manado yang menambah indahnya pesona kota Manado.

18. Pontianak


Foto : Skyscrapercity.com

Pontianak juga merupakan kota yang berkonsep waterfront city. Hanya saja pusat kota Pontianak tidak menghadap laut seperti kota Manado, melainkan menghadap sungai. Kebanyakan gedung-gedung tinggi yang dibangun dibibir sungai di kota Pontianak masih dalam tahap kontruksi.


19. Bandar Lampung


Foto : Skyscrapercity.com

Beberapa tahun lalu kota Bandar Lampung tidak terlalu diperhitungkan dalam urusan skyline. Namun saat ini sudah terdapat beberapa gedung tinggi yang berdiri dan sedang dibangun di kota Bandar Lampung, sehingga skyline kota Bandar Lampung semakin terbentuk.

20. Banjarmasin


Skyline kota banjarmasin
Foto : Skyscrapercity.com

Banjarmasin merupakan satu-satunya kota yang memiliki konsep area metropolitan di pulau Kalimantan. Hanya saja untuk urusan skyline, kota Bannjarmasin masih belum begitu bersaing dengan Balikpapan dan Samarinda.

32 komentar:

  1. Medan kenapa pengambilannya gak dapat semua, banyak gedung yang tidak nampak, tunjukin dong. Biar makin indah, center point, jw marriott, dan cambrige. Masi banyak lagi, mohon tambah foto terbaru kota medan nya.. makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya coba cari foto skyline terbaru Kota Medan

      Hapus
  2. padahal kota bekasi ini kan luas wilayh kotanya dan populasi gedung tertinggi juga lumayan tersebar dan mempunyai rencana membuat superblock sangat besar yaitu Grand kamala,tetapi untuk urusan sklyline tidak hanya terpusat di summarecon bekasi.
    masih banyak yg belum terhitung ,hanya saja masih tahap pembangunan dan belum beroperasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bekasi tinggal menunggu waktu saja untuk menyodok keposisi yang lebih tinggi.

      Hapus
    2. Namun saat ini memang area summarecon yang memiliki skyline cukup masif.

      Hapus
  3. Palembang kapan nih :( padahal mau jadi tuan rumah asian games, tapi skylinenya kurang, karna luasnya palembang, gedung tinggi jadi tersebar jauh deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sangat disayangkan. Padahal kotanya besar dan berkembang pesat. Tapi urusan skyline, ya begitulah.

      Hapus
  4. Coba lihat skyline kota Jambi terbaru... Keren bahkan lebih keren dari Pontianak dsb.... D Jambi stidakny aj 12 gedung tinggi yg menyebar... Tp ad jg d Deket... Cek out admin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Cek gedung tinggi Pontianak : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_gedung_tertinggi_di_Pontianak

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Cikarang memang menjadi momok banget ya, sebagai ibukota Kabupaten namun mampu menyodok posisi Kota Kota lain. Sharing, daftar gedung tinggi di Cikarang

    1. Trivium Apartement North Tower 22fl
    2. Trivium Apartement South Tower 22fl
    3. Trivium Apartement The Suite Tower 22fl
    4. Axia South Cikarang Apartement 13fl
    5. Prime Biz CIkarang 13 fl
    6. Crown Court Condominium 1 13fl
    7. Crown Court Condominium 2 13fl
    8. CIMB Niaga CIkarang 11fl
    9. Mustika Golf Jababeka 15fl
    10. Java Palace Hotel Jababeka 15fl
    11. Mahogany Tower Oasis Cikarang 28fl
    12. Azalea Suites Banyan Tower 25fl
    13. Azalea Suites Acacia Tower 25fl
    14. Riverview Residence Jababeka Tower Mahakam 19fl
    15. Riverview Residence Jababeka Tower Kapuas 19fl
    16. Riverview Residence Jababeka Tower Barito 19fl
    17. Riverview Residence Jababeka Tower Bengawan 19fl

    Under Construction
    1. Chadstone Cikarang Tower Christie 40fl
    2. Chadstone Cikarang Tower Dario 40fl
    3. Chadstone Cikarang Tower Arden 40fl
    4. Chadstone Cikarang Tower Barker 40fl
    5. Orange County Pasadena Suite 40fl
    6. Orange County Irvine Suite 40fl
    7. Orange County Burbank Suite 40fl
    8. Orange County Westwood Suite 35fl

    Jadi total yang sudah jadi ada 17 tower dan under construction 8 tower, belum termasuk MEIKARTA yang akan membangun 50 tower dengan ketinggian antara 39 sd 55 lantai serta Orange County Tower Glandale dan New Port maisng-masing 40 lantai.

    BalasHapus
  8. Bang saya lihat Batam fotonya itu itu saja kan banyak foto skyline Batam yang baru ganti kek ape keke

    BalasHapus
  9. Bandar lampung mask ya 2018 ini udh bnyak gedung2 diatas 20 lantai , pnduduk 1.500 jt jiwa 😉😉😉

    BalasHapus
  10. Numpang ya min ^^

    Kamu lagi cari bonus? Acerdomino kebetulan lagi bagi bagi bonus nihhh :)
    hanya dengan deposit Rp 12.000 aja loh dan masih banyak lagi bonus yang bisa kamu dapetin setiap harinya hanya di acerdomino . online
    LINK >>> acerdomino . online

    BalasHapus
  11. Walaupun depok gk banyak gedung tinggi tapi di depok banyak taman di setiap kecamatan, trus di pasang 50 wfi gratis kayanya mao nambah lagi, kota nya klo dari bawah enak bersih, depok rumah2 nya ito loh lingkungan nya yg bikin enak.

    BalasHapus
  12. Paling nyaman ya jogja. Paling enak tetep Batang Jawa Tengah. Kota-kota di atas bising dan kurang ramah lingkungnnya. Indah itu tidak harus tinggi-tinggi gedungnya dan padat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jogja nyaman..??
      Traffic ny aduhai..macet ny ampun2.. Untuk short stay holiday oke lah..tp klo lama2 ??
      Kota2 d atas kbnykan ibu kota.. Bising sdh pasti.. Penduduk ny aj bnyak bgt..
      Kan sesuai judul mas skyline y bahas ny pencakar langit..
      😬

      Hapus
  13. Saya dari Pekanbaru. Suka lihat Pontianak tuh... indah kotanya dilihat.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. semarang bagus, purwodadi juga bagus

    BalasHapus
  16. Palembang mana kota terbesar ke 7 tapi kok kagak di masukin. emang di sana gedung tinggi gak ada yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya gak dimasukkan...Palembang itu kota minim HR. Ada sih tapi sedikit itupun menyebar nyebar.😁

      Hapus
    2. Postingan th 2017 ini goblok lo comenin blm di update klo skrg mah jauh bnyk gedung hr di plmbg dr pku,,pku sepernya aja gak ada dg plbmg dr berbagai lini..apalgi bnyk gdg hr yg di bngn di plnng tmbh tengelam pku

      Hapus
  17. Kok marah2 ya.... �� Coba tunjukkan kpd saya link ttg skyline Palembang? Palembang memang kota besar no 7 tapi urusan skyline ya gitu deh masih kalah sama kota2 dibawahnya. Sampai sekarang memang belum banyak...menyebar lagi...

    BalasHapus
  18. Kita bicara skyline lo ya. Lebih baik skyline kota dengan 5 HR tapi mengumpul daripada skyline kota dengan 10 HR tapi menyebar semua.

    BalasHapus
  19. Bandung seharusnya ke 3 bukn ke 4

    BalasHapus