Rabu, 25 Januari 2017

10 Kota dengan APBD terbesar di Indonesia


Hampir semua kota di Indonesia telah mengesahkan ABPD untuk tahun anggaran 2017. APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) adalah rencana keuangan tahunan pemerintah daerah di Indonesia yang disetujuan oleh DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), termasuk untuk daerah kota. APBD sebuah daerah ditetapkan berdasarkan Perda atau Peraturan Daerah. Sebuah APBD dianggarkan dalam rentang waktu 1 tahun.

Setiap kota  memiliki nilai APBD yang bervariasi. Besar kecilnya nilai APBD dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti Pendapan Asli Daerah (PAD), dana perimbangan, hibah dll. Bicara tentang APBD, pada tulisan ini kita akan membahas tentang 10 kota dengan APBD terbesar di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftarnya.

1. Jakarta

Dilihat dari segi jumlah penduduk, Jakarta merupakan kota terbear di Indonesia. Untuk urusan APBD, kota Jakarta juga menjadi yang terbesar di Indonesia. Bahkan bila dibandingkan dengan APBD kota-kota lainnya di Indonesia, perbandingannya bagaikan bumi dan langit. APBD kota Jakarta untuk tahun anggaran 2017 ditetapkan sebesar 70,19 triliun rupiah. Sementara APBD kota-kota lainnya di Indonesia belum ada satupun yang mencapai angka 10 triliun rupiah.

2. Surabaya

Kota Surabaya berada diposisi kedua sebagai kota dengan APBD terbesar di Indonesia. APBD kota Surabaya untuk tahun anggaran 2017 ditetapkan sebesar 8,5 triliun rupiah. Naik sebesar 600 miliar rupiah bila dibandingkan tahun anggaran sebelumnya.

3. Bandung

Bandung menjadi kota dengan APBD terbesar ketiga di Indonesia.  APBD kota Bandung untuk tahun anggaran 2017 ditetapkan mencapai 7 triliun rupiah. Naik sekitar 900 miliar rupiah bila dibandingkan dengan APBD tahun anggaran 2016.

4. Bekasi

Kota Bekasi memiliki APBD untuk tahun anggaran 2017 sebesar 5,4 triliun rupiah. Dibandingkan tahun sebelumnya, APBD kota Bekasi naik sekitar 800 miliar rupiah. Dengan APBD sebesar itu, menjadikan Bekasi sebagai kota yang memiliki APBD  terbesar keempat di Indonesia.

5. Medan

Posisi kelima kota dengan APBD terbesar di Indonesia dipegang oleh kota Medan. APBD kota Medan untuk tahun anggaran 2017 mencapai 5,2 triliun rupiah. Nilai tersebut justru menurun bila dibandingkan APBD tahun anggaran 2016. Tahun 2016, APBD kota Medan mencapai 5,49 triliun rupiah.

6. Semarang

Semarang memiliki APBD untuk tahun anggaran 2017 sebesar 4,3 triliun rupiah dan berada pada posisi keenam dalam daftar 10 kota dengan APBD terbesar di Indonesia. Sama halnya seperti Medan, Semarang juga mengalami penurunan nilai APBD. APBD kota Semarang pada tahun anggaran 2016 lalu mencapai 4,5 triliun rupiah.

7. Tangerang

Nilai APBD kota Tangerang berada pada posisi ketujuh di Indonesia. Tangerang memiliki APBD untuk tahun anggaran 2017 sebesar 4,1 triliun rupiah. Mengalami penurunan sekitar 1 miliar rupiah bila dibandingkan dengan APBD tahun anggaran sebelumnya.

8. Makassar

Makassar menjadi satu-satunya kota dari Indonesia timur yang masuk daftar 10 kota dengan APBD terbesar di Indonesia. Tepatny kota Makassar berada pada posisi kedelapan.  APBD kota Makassar untuk tahun anggaran 2017 adalah sebesar. 3,39 triliun rupiah.

9. Tangerang Selatan

Posisi kesembilan kota dengan APBD terbesar di Indonesia dipegang oleh kota Tangerang Selatan. APBD kota Tangerang Selatan untuk tahun anggaran 2017 mencapai 3,2 triliun rupiah.

10. Palembang

Kota Palembang berada pada posisi kesepuluh sebagai kota dengan APBD terbesar di Indonesia. APBD kota Palembang untuk tahun anggaran 2017 adalah sebesar 3,1 triliun rupiah.

19 komentar:

  1. Jakarta itu provinsi tolollll bukan kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jakarta itu kota setingkat provinsi. Jakarta memiliki 5 kota dan 1 kabupaten. Itu semua adalah daerah administratif. Tidak memiliki DPRD. Bukan daerah otonom. Jadi Jakarta lebih cocok disebut kota daripada provinsi. Hanya dia kota berstatus setingkat provinsi. Ini sama seperti kota Beijing, Hanoi, Saigon dan Shanghai. Kota-kota tersebut adalah kota setingkat provinsi. Tidak pernah kan lu dengar orang menyebut Shanghai, Beijing dan Hanoi sebagai provinsi?

      Hapus
    2. Iyaa boss..
      Shanghai,beijing dan hanoi itu kebetulan nama provinsi dan ibukota provinsinya sama. Di indonesia juga ada privinsi jambi kotamadya jambi,provinsi bengkulu ada kotamadya bengkulu. Dipisahin dong... antara daerah tingkat 1 dan 2 yaa beda jauh. Jakarta tu terdiri dari 5 kotamadya dan 1 kabupaten.

      Hapus
    3. Jangan sok tahu bang. Itu bukan kota yg namanya kebetulan sama dengan nama provinsinya. Itu memang kota setingkat provinsi. Baca2 di sini klu belum paham

      https://en.wikipedia.org/wiki/Provinces_of_China

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Pantes kota kota selain jakarta lambat kemajuannya,,, apbd nya udah kecil. Banyak digarong lagi,, ngabisin anggaran sampai termehek mehek ga ada hasil buat rakyat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kota lain sangat bergantung pada APBN. Tanpa APBN akan sulit untuk berkembang. Ini juga buah dari kesalahan pemerintah Indonesia yang selama berpuluh-puluh tahun menjadikan Jakarta sebagai pusat segala-galanya.

      Hapus
  4. jakarta sebagai ibukota negara sangat tak layak jika diperbandingkan dengan daerah setingkat kota/kab indonesia lainnya,harusnya jakarta dikecualikan. apalagi dulu zaman orba jakarta sebagai pusat sentralistik pembangunan indonesia... otomatis dampak dan kenikmatannnya masih terbwa sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kota lain sebenarnya juga bisa memiliki APBD yang besar kalau statusnya dinaikan setingkat provinsi. Jadi semua penghasilan daerah akan masuk ke kas kota yang bersangkutan. Contohnya pajak kendaraan yang biasanya masuk ke kas provinsi. Kalau sebuah kota dinaikan statusnya setingkat provinsi, maka pajak kendaraan langsung masuk ke kas kota bersangkutan.

      Hapus
  5. gan saya boleh minta link daftar pendapatan provinsi-provinsi secara mendetail dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilihat disitus BPS gan https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/52#subjekViewTab1

      Hapus
  6. Balasan
    1. Bali itu sebuah provinsi gan. Bukan kota setingkat provinsi.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. pad 10 besar tuk level provinsi tahun 2016/2017 mohon infonya

    BalasHapus
  9. pad 10 besar tuk level provinsi tahun 2016/2017 mohon infonya

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. gan, kalo apbd kota jambi berapa ya

    BalasHapus