Senin, 17 Oktober 2016

10 Kota Terbesar di Kawasan Indonesia Timur

Menurut GBHN tahun 1993, Kawasan Indonesia Timur terdiri dari Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Walaupun GBHN sudah dihapuskan, namun istilah Kawasan Indonesia Timur masih dipakai hingga sekarang. Kalau dilihat dari segi jumlah penduduk, sekitar 15,6%  penduduk Indonesia hidup di Kawasan Indonesia Timur. Porsi yang kecil bila dilihat dari luasnya wilayah Kawasan Indonesia Timur. Kecilnya penduduk di Kawasan Indonesia Timur juga berimbas terhadap jumlah penduduk pada kota-kota di sana. Hanya beberapa kota saja di Kawasan Indonesia Timur yang memiliki populasi yang besar.

Bicara soal kota, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 10 kota terbesar di Kawasan Indonesia Timur. Tentunya kota-kota di sana tidak sebesar kota-kota yang terdapat di Kawasan Indonesia Barat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar 10 kota terbesar di Kawasan Indonesia Timur berdasarkan data yang dirilis BPS.

1. Makassar

Kota Makassar malam hari
foto : cio.com

Makassar merupakan satu-satunya kota metropolitan di Kawasan Indonesia Timur. Ibukota Sulawesi Selatan ini memiliki jumlah penduduk 1.629.849 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2015. Sementara luas wilayah kota Makassar adalah 199,26 kilometer persegi. Penduduk asli kota Makassar adalah suku Bugis dan Makassar.

2. Denpasar


foto : baliprov.go.id

Denpasar merupakan ibukota dari provinsi Bali. Kota ini memiliki luas wilayah 124 kilometer persegi. Dari segi jumlah penduduk, Denpasar memiliki 880.600  penduduk berdasarkan data tahun 2015. Suku asli kota Denpasar adalah suku Bali.

3. Kupang

Kota Kupang NTT
foto : disway.id

Dari segi geografis, kota Kupang berada di pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Kupang memiliki luas wilayah sekitar 180,27 kilometer persegi. Ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki jumlah penduduk 450.360 jiwa berdasarkan data tahun 2014. Suku asli di sana adalah suku Timor.

7. Manado

Kota Manado ibukota sulawesi utara
foto : skyscrapercity.com

Manado merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara. Suku asli di sana adalah orang Minahasa. Menurut data kependudukan tahun 2014, jumlah penduduk kota Manado tercatat 423.257. Sementara luas wilayah kota Manado adalah 166,9 kilometer persegi.

6. Ambon

Jembatan merah putih kota Ambon
foto : detik.com

Kota Ambon merupakan kota terbesar dan sekaligus ibukota dari Kepulauan Maluku. Penduduk asli kota Ambon adalah suku Ambon. Kota Ambon memiliki wilayah dengan luas 377 kilometer persegi. Sedangkan berdasarkan data tahun 2014, jumlah penduduk kota Ambon tercatat 395,423 jiwa


Mataram


foto : agelancarjaya.com

Kota Mataram secara geografis berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Luas wilayah kota Mataram adalah 61,3 kilometer persegi. Kota ini menjadi kota terbesar sekaligus ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Barat. Penduduk aslinya adalah suku Sasak. Berdasarkan data tahun 2015, jumlah penduduk kota Mataram mencapai 450,226 jiwa.

7. Palu

Pemandangan udara Kota Palu
foto : innewspedia.com

Palu merupakan ibukota Sulawesi Tengah. Pada tahun 2015, jumlah penduduk kota Palu tercatat 367.342 jiwa. Kota Palu memiliki  luas wilayah yang mencapai 395,1 kilometer persegi. Penduduk asli di sana adalah suku Kaili.

8. Jayapura

kota jayapura
foto : kompas.com

Jayapura merupakan kota terbesar di pulau Papua. Ibukota provinsi Papua ini memiliki jumlah penduduk 315.872 jiwa berdasarkan data tahun 2014. Jayapura memiliki wilayah yang cukup luas, yaitu mencapai 935,9 kilometer persegi. Penduduk asli di sana adalah suku Papua.

9. Kendari


foto : kendaricare.blogspot.co.id

Jumlah penduduk kota Kendari berdasarkan data tahun 2014 adalah 289.709 jiwa. Ibukota provinsi Sulawesi tenggara ini memiliki wilayah dengan luas 297 kilometer persegi. Penduduk aslinya adalah suku Tolaki.

10. Sorong


Kota Sorong dari udara
foto : kompas.com

Sama seperti kota Jayapura, kota Sorong juga berada di pulau Papua, tepatnya berada di provinsi Papua Barat. Berdasarkan data kependudukan tahun 2014, jumlah 255.100 jiwa. Sementara luas wilayahnya adalah 1.105 kilometer persegi. Suku Papua merupakan penduduk asli kota Sorong.

2 komentar:

  1. Bagi yang sedang berkunjung dekat daerah Dago, Bandung silahkan mampir menginap di hotel keluarga di Bandung atau hotel family di Bandung. Yang pastinya nyaman dan cocok untuk keluarga.

    BalasHapus
  2. Working From Bali? Check Out These Three Suggestions for Feeling at Ease - Urban workers who work in offices appreciate the remote work system that has been implemented. Indeed, many people follow the work from Bali trend because they believe that working from such a tourist destination will allow them to relax more.

    BalasHapus